B’gana Family Recipe

B’gana Family Recipe berada di Jl. Dipati Ukur No. 11. Disini tersedia makanan indonesia dan barat. Sesuai namanya, makanan andalannya adalah nasi begana. Selain nasi begana, menu andalan lainnya adalah nasi rawon sapi bakar dan aneka nasi goreng: nasi goreng cikur, nasi goreng rendang, nasi goreng seledri. Untuk makanan barat, ada spaghetti, lasagna, pizza, omelet, dll.

nasi begana ayam spesial

Saya sudah beberapa kali kesini, berikut ini adalah menu yang pernah saya coba:

spaghetti carbonara

spaghetti carbonara

Enak, tapi porsinya sedikit. Nggak cukup kalo lagi kelaperan banget 😛

2013-09-20 12.22.51

bubble squeek

Isinya kentang, daging asap, telur, dan keju. Paling enak kalau masih hangat. Mengenyangkan karena kentangnya banyak. Lebih enak kalau pakai saos.

nasi goreng cikur

nasi goreng cikur

Nasi goreng cikur (kencur). Rasanya mengingatkan saya kepada nasi tutug oncom, tapi oncomnya diganti dengan remahan keripik tempe. Porsinya kebanyakan buat saya.

es cincau hijau

es cincau hijau

Jangan sampe ngabisin bagian manis duluan sebelum cincaunya. 😛

fried ice cream

fried ice cream

Tampilannya baguuusss. Es krimnya enak, tapi saya kurang suka roti pembungkusnya karena pas saya cobain tepungnya masih terasa. Kurang matang ngegorengnya.

Pizza yang dijual disini merupakan pizza dengan roti yang tipis. Pernah nyoba yang beef, rasanya lumayan tapi nggak spesial.

Harga makanan disini mulai dari 20ribuan. Kalau sering kesini, mendingan buat kartu member karena bisa dapet diskon 10%. Lumayan banget, hehe. Tempatnya luas, jadi kalau mau datang ramean juga bisa.

Ayam Sakti

Setelah berkali-kali melihat promosi Ayam Sakti di twitter dan berkali-kali pula melewati tempatnya, akhirnya saya kesana juga. Nama menunya unik-unik, misalnya Kesatria Sakti, Pemetik Bunga, Gundala Putra Petir, Godam Manusia Besi, dll. Untungnya ada penjelasan singkat mengenai masing-masing menu, jadi nggak perlu repot tanya ke mbak-mbaknya. 😀

Karena pernah kecewa dengan salah satu tempat makan yang promonya gencar di socmed tapi rasanya biasa-biasa aja, saya pun nggak menaruh harapan banyak ke Ayam Sakti ini. Waktu kemarin kesana, saya pesan Paket Kenyang Master. Isinya ayam (bisa pilih antara godam manusia besi/kremes atau pemetik bunga/bumbu bali), kol goreng, dan susu pejabat (milkshake). Yang unik di tempat ini, kita bisa refill nasi sepuasnya. Kkkk

CAM00557

Menu

Ini dia penampakan susu pejabat a.k.a milkshake. Masih aneh nyebut nama minumannya 😛

CAM00558

Susu Pejabat

Dan ini dia ayam pemetik bunga alias ayam bumbu balinya. Dan ternyata rasanya enak, ngasih bumbunya nggak pelit. Kerasa kalau itu memang bumbu bali. Nomnomnom. Nggak kecewa deh jadinya, boleh nih lain kali datang lagi dan nyicip menu lainnya. Apalagi nyicip Kesatria Sakti yang katanya pedesnya juara. Hehehe

CAM00559

Ayam Pemetik Bunga

Dan ini kol gorengnya, dikasih tepung sedikit pas ngegoreng jadi ada kriuk-kriuknya.

CAM00560

Kol Goreng

Buat yang pengen nyicip juga, bisa langsung kesana 😀
Ayam Sakti
Jl. Dipati Ukur 96D, Bandung (Sebelah Circle K)
022 95 2211 95

Lontong Medan Ka’ Zahra

Di Lampung, lontong sayur nggak ada yang pake embel-embel nama daerah. Tapi rasanya bisa dibilang cenderung mirip masakan jawa karena yang jual banyak orang jawa. Kalo di Bandung, lontong sayur padang ada di mana-mana. Tapi ternyata selain lontong sayur padang, di Bandung pun ada lontong medan. Lokasinya di Jl. Dipati Ukur, dekat Unpad DU. Nama tempatnya Lontong Medan Ka’ Zahra. Ada plang warna hijau di depannya.

logo

Karena penasaran apa bedanya lontong medan dengan lontong sayur yang lain saya pun nyobain kesana. Yang punya orang Batak asli, suaranya keras lantang khas Batak. Denger-denger pemiliknya ngobrol dengan pelanggan lain, yang asal medan asli ternyata adalah istrinya. Oke, cukup menjelaskan kenapa nama tempatnya “Ka’ Zahra”.

Pilihan lontong sayurnya bisa yang biasa, pake telor, atau pake rendang. Saya pesan lontong sayur pake telor, ini dia tampilannya:

lontong medan

Warna sambelnya menarik banget >< Selain lontong dan sayuran, ada bihun dan sambal tempe. Sayurannya lumayan banyak, ada wortel, labu siam, dan kacang panjang. Ada irisan cabe hijau juga di sayurnya. Santannya segar, nggak terlalu kental. Bumbunya kerasa kuat dan beda dengan lontong sayur jawa ataupun padang. Memang khas medanlah pokoknya. Harganya 8ribu aja. Murah meriah ^^

Selain lontong sayur, disana juga jual sayur daun ubi tumbuk, sambal teri medan, lupis, ketan, dan makanan khas medan lain. Hayuk dicoba

Lontong Medan Ka’ Zahra
Jl. Dipati Ukur, Bandung

Pecel Lele Lela

Lagi-lagi wiskul karena impulsif xD

Lokasi Pecel Lele Lela di Jl. Dipati Ukur No. 248. Kalo dari arah Unpad DU, di sebelah kanan jalan. Kalo udah nemu SPBU, berarti udah kelewatan tempatnya. Balik lagi ya xP Nah, karena saya kebetulan lewat dan sering denger soal tempat ini, yaudah deh mampir pengen nyobain. Yang saya denger sih, yang jadi keunggulannya pecel lele lela ini adalah lele yang dimasak secara higienis dan bumbu yang inovatif. Mereka mau bikin lele yang tadinya cuma jadi makanan pinggir jalan naek kelas. Hmmm, seems interesting

Pas liat menunya, oke lumayan banyak variasinya dan unik-unik. Ada yang difilet, dikasih bumbu rica-rica, saus padang, asam manis, dll. Bumbunya sih di tempat makan lain juga banyak yang nyediain, tapi biasanya daging yang dipakai kan ayam. Tapi kalau lele? Mungkin baru pecel lele lela yang buat. Harga (tanpa nasi) mulai belasan ribu. Belum termasuk pajak 10%. Agak mahal ya buat lele. Tapi ya namanya juga lele udah naek kelas xD

Waktu itu saya pesan lele saus padang dan minta dibungkus, jadinya gini deh penampilannya:

pecel lele lela

Lelenya besar dan digoreng kering. Rasanya gurih, enak. Sayangnya bumbunya kurang padang dan kurang pedes kalo mau ngikutin selera saya *pecinta pedes bo*

Sekali-sekali nyoba doang bolehlah ya

Pecel Lele Lela
Jl. Dipati Ukur No. 248
(022) 61122000

Bebek Betutu Aji Anom

Di Jl. Panatayuda ada banyak kedai makanan. Nah, salah satunya Aji Anom ini. Spesialisasi makanan yang dijual disana adalah makanan khas Bali. Menu andalannya ya bebek betutu ini. Ada 3 pilihan cara masak yang ditawarkan, dikukus, digoreng, atau dibakar. Untuk ukuran, kalo mau makan rame-rame kita bisa pesan 1 ekor utuh atau setengah. Sedangkan kalo untuk dimakan sendiri, bisa pesan yang paket nasi + bebek. Harganya saya lupa pastinya, kalo nggak salah sih di bawah 20ribu. Selain bebek, ada ayam betutu juga disana.

Nah, waktu kesana saya pesen bebek goreng. Ini nih tampilannya:

bebek betutu

Bebek digoreng kering disajikan dengan sambal matah dan sambal kecap. Bebeknya gurih dan nggak amis. Bumbunya meresap. Enak banget. Bahkan karena ngegorengnya garing, tulang-tulang yang kecilnya pun bisa dimakan. Sambal matahnya otentik bali banget. Selain sambal matah, bebek ini juga disajikan dengan plecing kangkung. Mmm, nggak yakin plecing kangkung atau bukan sih. Hahaha. Yang pasti ada sayurannya kaya gini:

plecing

Ini udah termasuk dalam paketnya. Kuahnya seger banget. Dan sayurnya enak, nggak alot. Saya nggak tau itu bumbu apaan tapi rasanya mirip bumbu yang biasa dipake buat masak cumi kalo di rumah. *sangat nggak deskriptif* xD

Temen saya ada yang pesen bebek yang dikukus, kayaknya menarik. Bumbu di bebeknya jadi lebih banyak gitu. Waktu itu saya nggak pesen yang dikukus karena saya nggak suka kulit yang nggak kering. Hehehe. Tapi kalo pengen nyobain bumbunya lebih banyak, bebek kukusnya recommended.

Walaupun kecil, tempatnya nyaman dan dihiasi banyak ornamen khas bali. Suasananya bikin betah deh ^^ Tempatnya nyaman, makanan enak, dan harga pun terjangkau. Balik lagi? Kenapa nggak ^^

Aji Anom
Jl. Panatayuda No 11, Bandung
(022) 2503737

Kelapa Bakar

Yesseu, kembali lagi dengan edisi kuliner \o/ Kali ini mau ngebahas kelapa bakar. Katanya sih bagus untuk kesehatan. Di plangnya aja ditulis, “Kelapa Bakar, berkhasiat untuk berbagai macam penyakit. Insya Allah”. Hahaha. Well you can believe it, or not xD

Tapi saya nyobainnya bukan karena efek kesehatan yang dibilang itu sih, kebetulan waktu itu pulang kantor nggak punya ongkos buat angkot. Trus impulsif deh pengen nyobain sekalian mecah uang. 😛 Lokasinya di Jl. Dipati Ukur No. 5A. Persis di depan Bebek van Java DU. Saya pesen yang biasa aja, harganya 12ribu. Ada macem-macem tambahannya sih sebenernya, kalo nggak salah ada ketan. Agak lupa euy, ntar kalo lewat saya foto plangnya deh. 😀

Nah, pas pertama kali dianter gini nih penampilannya. Kelapa muda dibakar dan wedang jahe.

kelapa bakar

Kelapanya masih panas banget, jadi mesti hati-hati megangnya. Biar nggak item-item kena bekas bakarannya juga sih 😛 Nah, ini tampilan setelah dibuka:

kelapa bakar

Karena bingung cara minum/makannya gimana, yaudahlah saya asal aja nuangin jahenya ke dalem air kelapa dan ngerok si kelapa muda. Beginilah jadinya:

ta daaa

Lumayan bikin anget sih, kelapanya juga masih muda jadi nggak susah dikeroknya. Tapi airnya banyak banget, bikin kembung deh. Hahaha *ini sih saya aja yg bego mau coba-coba ngabisin semua airnya* xD

Yah, buat sekedar wisata kuliner dan ngilangin rasa penasaran, bolehlah dicoba. ^^ Tapi kalo buat sering-sering kayaknya nggak. Mahal bo, dan cenderung biasa aja rasanya. ^^;; Entah ya kalo pake variasi macem-macem, misalnya susu. Trus sayangnya waktu saya kesana hujan deras banget dan tempatnya bocor gitu. Jadi nggak konsen minumnya karena mesti nyelametin barang-barang dari serangan hujan xD

Dapur Bebek

Kalo dari namanya, spesialisasi makanannya adalah bebek. Tapi anehnya meskipun udah beberapa kali kesana saya justru belum pernah nyobain bebeknya xD

dapur bebek

Dapur Bebek yang saya kunjungi lokasinya di Jl. Dipati Ukur No. 1 (samping BCA Dago). Kebetulan deket dari kantor, jadinya kadang kalo makan siang hari jumat suka kesana. Pertama kali kesana, saya pengen nyobain bebek asap tapi karena mahal akhirnya saya nyobain ayam asapnya. Tetep aja ngerasanya mahal karena 10ribu ayamnya doang belum pake nasi. Udah gitu nggak terlalu kerasa bedanya kalo itu dimasaknya diasap. Tapi menurut temen saya yang udah nyobain beberapa kali ayam ataupun bebek asapnya, dia bilang itu enak. Hmm, mungkin saya lagi apes kebagian yang kurang oke.

ayam asap

Di menunya, selain bebek dan ayam dibilangnya juga ada entok tapi lebih sering (atau malah selalu) nggak ada setiap ditanya ada atau nggak menu entoknya. Selain bebek & ayam, ada juga ikan, udang, cumi, cah kangkung, dll.

menu makanan

menu minuman

Setelah itu kalo kesana saya selalu pesen paket ayam (yang nggak tertulis di menu) karena murah banget, 10ribu udah termasuk nasi + ayam goreng + teh tawar. Hohoho. Ayam gorengnya kering & gurih, terus sambelnya dapur bebek tuh pedes nagih. Pedesnya bukan pedes cabe yang begitu nempel lidah langsung kerasa pedes, tapi pedes yang panas ngebekas gitu. Bikin meler deh pokoknya, tapi enak 😛 Kalo kesana, pesen juga kol gorengnya. Seporsi harganya 4ribu, bisa buat sampe 3 oranglah. Kadang kalo di kaki 5 kan kol gorengnya suka berlebihan minyaknya, kalo di sana nggak. Terus setelah di goreng, di atas kolnya ditabur garam halus gitu biar jadi gurih. Nyamm enakk.

paket ayam + kol goreng

Hayuk dicoba 😀