Pertama Kali ke Seoul? Kemana Aja?

King Sejong Statue

Setelah berkali-kali saya komporin, akhrnya bulan Januari kemarin adik saya main ke Korea. Ini merupakan pertama kalinya dia ke Korea, pertama kalinya ke luar negeri juga malahan. Dia berangkat bareng temennya yang juga baru pertama ke luar negeri. Walopun sempet ketinggalan shuttle bus ke hotel pas transit di Kuala Lumpur, untungnya mereka berdua selamat sampe di Incheon. Haha.

Selama mereka di Korea, tentunya saya jadi tour guide dadakan. Itinerary sudah saya susun sedemikian rupa supaya puas jalan-jalan dalam waktu kurang dari seminggu. Tapi apa daya, suhu saat itu ternyata lagi dingin-dinginnya. Kami sempat merasakan suhu -15ยบ C bahkan lebih dingin dari itu. Ujung-ujungnya banyak plan yang mesti diubah. Di suhu yang bikin beku kayak gitu, manusia-manusia tropis seperti kami ini tentu pengennya ngangetin badan di kamar. Saat lagi jalan di luar pun kami sering banget berhenti masuk ke dalam gedung ato ATM buat cari penghangat karena dinginnya emang nggak ketolongan.

Kali ini saya mau share tempat-tempat yang mereka kunjungi sebagai referensi untuk para Seoul First Timer.

1. Gwanghwamun Plaza & Gyeongbok Palace (Gwanghwamun Station, Line 5, Exit 9)
Kayaknya kalo ke Seoul tapi nggak kesini tuh belum afdol. Begitu keluar dari Gwanghwamun Station, latar belakang gunung Bugaksan langsung bikin takjub.Di Gwanghwamun Plaza ini terdapat patung King Sejong & General Lee Soonshin yang wajib banget difoto sama traveler sebagai bukti pernah ke Korea. Haha.

CAMERA

Patung King Sejong

Tepat di seberang Gwanghwamun Plaza terdapat Gyeongbok Palace yang merupakan istana terbesar.

CAMERA

Gyeongbok Palace – Gwanghwamun Gate

Sayangnya kami kesana pas hari Selasa yang merupakan hari libur. Jadi cuma sebatas foto di depan gerbangnya aja. Kalo dateng kesini di hari lain, usahakan datang sesuai jadwal pergantian penjaga biar makin seru. Tapi kalo nggak memungkinkan, kamu tetep bisa foto bareng penjaga gerbang dengan kostum tradisionalnya yang keren itu kok.

Perlu masuk nggak sih ke istananya? Well, tergantung kamu tipe traveler macem apa. Kalo emang pengen tahu lebih jauh tentang sejarahnya, saya saranin sih masuk dan ikutin jadwal free guide berbahasa inggris. Tapi kalo sekedar foto-foto atau pengen hemat budget dan waktu, nggak perlu masuk juga sebenernya nggak apa-apa kok. Kalo mau tau isinya gimana, silakan cek disini. Spot favorit saya di Gyeongbokgung:

gyeongbokgung-pond.jpg

Hwangyonji Pond di Gyeongbokgung

Perlu nggak sih ngunjungin istana lainnya? Kadang ada yang obsesi pengen ngunjungin semua istana. Balik lagi ke motivasi. Kalo cuma untuk sekedar foto-foto, menurut saya salah satu aja cukup. Karena toh di foto semuanya keliatan sama buat orang awam (termasuk saya). Percaya deh. Saya sih ngerekomendasiin Gyeongbok Palace atau Changdeok Palace dan Secret Garden-nya, terutama kalau dateng pas musim gugur.

2. Cheonggyecheonย  (Gwanghwamun Station, Line 5, Exit 5)
Apa sih Cheonggyecheon? Simpelnya sih sungai buatan. Versi panjangnya bisa dibaca disini. Kalo dateng pas suhu nggak terlalu dingin, enak banget duduk-duduk di pinggir sambil nyelupin kaki disini. Kalo dateng sekitar bulan Oktober, disini bakal ada Lantern Festival. Rute rekomendasi: Cheonggyecheon Plaza yang ada ikon kerang spiral gede warna biru, jalan ke arah air terjunnya. Nggak jauh dari situ ada palseokdam (wishing well), silahkan kalo mau lempar koin ke sana. Haha. Jalan terus sampe ketemu deretan batu yang jadi jembatan. Selanjutnya terserah mau lanjut apa nggak. Hehe.

Nggak jauh dari Cheonggyecheon, ada Tourist Information Center yang baru aja beres direnovasi. Buat yang muslim, disini ada prayer room. Disini juga tersedia wifi & colokan listrik gratis buat yang membutuhkan (bahasanya xD). Yang menarik, disini ada K-Pop zone dimana kamu bisa nyobain hologram photobooth bareng PSY, Big Bang, dan 2NE1!

08.KTO

Foto bareng G-Dragon!

3. N-Seoul Tower
N-Seoul Tower atau Namsan Tower. Itu tuh tempat yang terkenal dengan gembok cintanya. Untuk ke observatoriumnya, kamu perlu beli tiket. Kalo males antre dan pengen dapet harga diskon, kamu bisa beli online disini.

Pas bareng adik saya kemarin, kami nggak naik ke observatorium tapi ini foto-foto dari atas saat saya kesana bareng temen saya.

Untuk kesini, kamu bisa naik Sunhwan Shuttle Bus atau Cable Car. Info lebih lengkap bisa dilihat di official websitenya. Kalo naik bis, siap-siap jalan nanjak sedikit dari tempat pemberhentian bis ke area utama.

4. Myeongdong
Surganya para wanita. Katanya sih. Yang saya bawa kesini selalu kalap belanja, terutama kosmetik. Yup, di Myeongdong ini ada toko berbagai brand kosmetik. Missha, Innisfree, Tony Moly, Nature Republic, Etude House, The Face Shop, dan masih banyak lagi… You name it! Kamu juga bisa ‘ketemu’ berbagai selebriti favorit kamu dalam bentuk standee atau poster. Haha.

CAMERA

Myeongdong

Tips:
1. Belanja minimal 30ribu won di satu struk supaya bisa tax refund.
2. Siapkan list barang yang pengen dicari, termasuk fotonya. Nggak semua penjaga bisa bahasa inggris. Dan kalopun ada yang bisa sepatah-patah, mereka akan berusaha merayu kamu buat belanja ini dan itu.

Di Myeongdong ada banyak banget street food yang seolah-olah minta dicobain semua. Tapi sayangnya harga makanan disini agak lebih mahal dibanding di tempat lain. Oiya, hati-hati nyasar disini, soalnya semua sudut mirip-mirip. Saya juga masih sering bingung. Haha. BTW, di Myeongdong ada Tourist Information Center dimana kamu bisa nyobain Hanbok gratis!

5. Hongdae
Salah satu area favorit saya. Kalo kamu dateng pas weekend, kamu bisa nonton berbagai street performer. Mulai penyanyi, dancer, tukang sulap, de el el. Areanya anak gaul banget deh. Setiap hari Sabtu ada flea & art market di Hongdae Playground. Ada juga Picasso Street yang isinya grafiti.

CAMERA

Picasso Street

Di Hongdae juga terdapat deretan toko yang menjual pakaian, makeup, atau jajanan.

18.Hongdae

Belanjaa

Kemarin kami mengunjungi Trickeye Museum yang ada di Hongdae. Dapet harga diskon booking disini. Tiketnya juga termasuk untuk Ice Museum.

6. Dongdaemun (Dongdaemun History & Culture Park Station, Seoul Subway Line 2, 4, atau 5, Exit 1)
Dongdaemun Design Plaza atau biasa disingkat DDP ini punya desain yang unik banget, mirip UFO. Bangunan ini adalah salah satu karya Zaha Hadid. Kalau kamu datang kesini pas malam hari, jangan lupa mampir ke taman LED Rose yang ada disini!

Di sekitar DDP banyak banget pusat belanja fashion, seperti Lotte FITIN, Migliore, Doota, Goodmorning City, dan lain lain. Kalau mau beli souvenir Korea buat oleh-oleh coba ke Goodmorning City lantai 2, disana ada toko souvenir dan yang punya bisa bahasa Indonesia sedikit-sedikit. Kadang ada pelayannya yang orang Indonesia juga. Walopun nggak bisa dapet diskon, kalo beli banyak biasanya mereka kasih bonus. Hehe.

8. Gangnam
Area mewahnya. Saya biasanya bawa temen ke Garosugil (Sinsa Station, Line 3, Exiit 8). Begitu keluar Sinsa Station, poster gede iklan klinik operasi plastik langsung berjejeran. Yang paling terkenal ada Grand Plastic Surgery. Katanya sih Dena Rahman disponsorin sama klinik ini.

CAMERA

Garosugil

Di Garosugil banyak banget toko dan kafe. Salah satunya adalah LINE Friends Store & Cafe. Kalo udah masuk sini pusing deh pengen beli semuanya. Lucu-lucu sih. Haha.

CAMERA

Line Friends Store & Cafe, Garosugil

Nggak jauh dari Garosugil, ada Apgujeong Rodeo. Disini banyak banget toko mewah.

CAMERA

Givenchy Store, Apgujeong Rodeo

Kalo yang doyan K-Pop, disini juga ada K-Star Road.

31.K-Star Road

K-Pop Star Road

9. Itaewon (Itaewon Station, Line 6, Exit 3)
Kalo kamu Muslim, disini ada Seoul Central Masjid.

CAMERA

Seoul Central Mosque

Di sekitarnya banyak restoran halal. Langganan saya adalah Makan Halal Restaurant.

CAMERA

Tteok Galbi, Dalkdoritang, Galbitang – Makan Halal Restaurant

10. Nami Island
Ini nggak di Seoul sih sebenernya, sekitar 2 jam dari Seoul. Tapi kayaknya udah 1 paket, kalo ke Seoul mesti juga kesini. Nami Island ini tempat syutingnya Winter Sonata. Kalo kesini, foto bareng deh sama patungnya Bae Yongjun & Choi Jiwoo. Karena kemarin kami kesana pas masih winter, sungai di sekitar Nami Island beku! Kami bisa jalan di atas sungai yang jadi es, sebelum akhirnya ditegur petugas suruh naik. Haha.

Di Nami Island juga ada restauran yang menjual makanan halal, namanya Dongmun Asian Restaurant. Ada musholla juga di lantai atasnya.

11. Kantor Entertainment Agency
Salah satu alasan pengen ke Korea biasanya karena doyan K-Pop atau K-Drama. Jadi apa salahnya mampir ke kantor agency idol favorit seperti SM, JYP, Cube, FNC, Pledis, dll. Ya walopun peluang ketemu artisnya minim, kadang liat bangunannya aja udah puas. LOL. Kebetulan tempat nginep kami deket banget kantor WM Entertainment, jadilah kami mampir kesini. Walopun cuma foto di depannya. Haha. Temen adik saya demen artis YG, jadi saya bawa dia ke kantor YG Entertainment.

Beberapa tempat yang saya rekomendasikan tapi nggak kesampean:

1. Hangang Park
Ada berbagai cara menikmati han river, salah satunya adalah pertunjukan rainbow fountain di Banpo Bridge. Sayangnya pertunjukan ini nggak ada selama winter.

49.Banpo

Banpo Bridge Rainbow Fountain

Atau bisa juga nyobain Han River Cruise.

51.Han River Cruise

Han River Cruise

Mengunjungi berbagai taman di sekitar Han River juga bisa jadi pilihan. Favorit saya adalah Ttukseom Hangang Park. Kita bisa sepedaan atau main waterbike disini. Kalau musim dingin, disini ada Snow Sledding. Kalau datang ke Korea pas musim semi, coba ke Yeouido Hangang Park untuk menikmati cherry blossom. Kalau musim panas, coba berbagai aktivitas seru seperti Flyboarding.

2. Samcheongdong & Bukchon Hanok Village
Di Samcheongdong banyak banget toko dan kafe lucu yang bangunannya masih ada unsur tradisional.

55.Samcheongdong

Nggak jauh dari situ, ada Bukchon Hanok Village dimana kamu bisa melihat rumah tradisional khas Korea.

2014-10-12 13.57.35

Bukchon Hanok Village

3. Ihwa Mural Village
Grafitti! Tempat ini sering banget muncul di drama. Itu loh yang di tangganya ada gambar ikan, atau ada sayap malaikat. Saya juga belum kesampean mau kesini.ย  Di dekat sini ada Naksan Park dan Seoul City Wall-nya.

4. Gangchon Rail Park
Ngegowes sepeda untuk 2 atau 4 orang di atas rel kereta yang udah nggak dipake. Seru nggak sihh? Kalo suhunya nggak separah kemarin, pasti udah dicobain deh.

5. Garden of Morning Calm
Kebun yang dibangun untuk memamerkan berbagai flora khas Korea. Selama musim dingin, mereka punya Winter Light Festival yang cantik banget.

6. Everland
Everland adalah amusement park terbesar di Korea. Selain rollercoaster, disini kita juga bisa menyaksikan berbagai pertunjukan/parade.

Optional
Nonton Music Show Recording
Khusus buat yang doyan K-pop, kalo bisa cobain nonton langsung music show semacam MBC Music Core, KBS Music Bank, SBS Inkigayo, dll. Kebetulan pas adek saya dateng, Royal Pirates lagi promosi album mereka. Jadilah saya bawa nonton music show recording. Sebenernya karena saya yang nggak pengen kelewatan sih, hahaha. Dia mah nggak ngerti apa-apa. Saya bawa dia dan temennya ke recording Music Core dan kami dapet tempat yang lumayan depan. Puaslah liat itu boygroup & girlgroup. Walopun nggak tau namanya juga seneng-seneng aja. Wkwkwk.

Selain itu saya bawa juga ke recording Arirang Simply K-Pop. Disini panggungnya deket banget dan penontonnya cuma sedikit. Kamera kadang nyorot penonton juga. Adik saya pun resmi debut di tv Korea. Kami muncul sepersekian detik di 3 episode Simply Kpop. Haha.

Well, ini cuma sebagian. Masih banyak banget tempat yang bisa dikunjungi, tapi kayaknya untuk first timer apalagi kalo waktunya terbatas ini udah cukup banget. Kalo ada pertanyaan, silakan kasih komen di bawah. Selama bisa saya bantu, pasti dijawab kok. Hehe.

4 thoughts on “Pertama Kali ke Seoul? Kemana Aja?

    • Halo Mega,
      Untuk nonton music show in general ada 2 cara:
      1. Daftar dari masing-masing official website music shownya, biasanya seminggu sebelumnya, pemenangnya diundi jadi untung2an dan lumayan susah karena kuotanya sedikit
      2. Daftar lewat fanclub masing-masing penyanyi yang mau tampil, biasanya lewat daum fancafe. syarat dan kuotanya beda-beda untuk setiap penyanyi, mesti cek masing-masing

      Arirang Simply Kpop lumayan gampang masuknya, tapi nggak setiap minggu ada recording. Cek aja pengumuman di link yg aku kasih di atas^^

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s