Rekomendasi Traveler SIM Card di Jepang: b-mobile

Jaman sekarang, kalo jalan-jalan kayaknya harus mesti kudu wajib tetep konek internet. Entah untuk cek google map, cari info tempat, atau sekedar buat aplot foto-foto di instagram. Saya juga gitu. Haha. Pas tanya-tanya soal jalan ke Jepang, semua temen saya bilang “asalkan ada internet aman deh”. xD

Jadilah saya googling soal Portable WiFi dan Traveler SIM Card. Berhubung saya cuma sendirian, akhirnya opsi portable WiFi saya coret. Kayaknya itu lebih cocok buat rombongan karena bisa di-share ke multiple device. Setelah membandingkan beberapa website, akhirnya pilihan saya jatuh ke b-mobile visitor SIM Card.

Beberapa keunggulannya:

  1. Murah. (2380 yen setelah pajak). Kayaknya ini SIM Card paling murah yang saya temui. Kalau dikirim ke hotel, free delivery fee. Kalau mau diambil di kantor pos airport, ada biaya tambahan 200 yen.
  2. Unlimited data use. Yupp, unlimited data use! Saya bahkan sempet pake SIM Card ini buat streaming radio selama 2 jam x 3 hari! Ini gara-gara Bang Mumun dapet job baru jadi DJ di Arirang Music Access. LOL. Di websitenya dibilang speednya bakal turun kalo pake data lebih dari 1 GB selama 3 hari berturut-turut, tapi kayaknya walopun diturunin tetep aja speed-nya lumayan. Haha.
  3. Masa aktif 14 hari. Nggak ada pilihan lain, nggak bikin ribet. Di beberapa website, ada yang mesti milih 3,5,10 hari dll. Ribet dah. Dan enaknya SIM Card ini, kalo tinggal di Jepang lebih dari 14 hari masih bisa diisi ulang. Dan kalo udah beres dipake, bisa tinggal dibuang. Lebih enak kan daripada Portable WiFi yang mesti dikirim balik ke provider?
  4. Cocok untuk hampir semua tipe handphone. Ada pilihan Nano, Micro, dan Regular SIM Card. Selama handphone-nya nggak di-lock, harusnya sih bisa pake SIM Card ni. Kalo masih nggak yakin, silakan cek supported device-nya.
  5. Network Coverage oke. Saya cuma nyobain di Tokyo, Kyoto, an Osaka sih. Tapi selama saya pake, selalu ada networknya deh. Dia pake jaringan NTT Docomo soalnya.
  6. Prosesnya gampang. Saya book online dan minta dikirim ke hotel. Saat book, kita udah bisa pilih mau dianter jam berapa. Dan saat ngirim pun mereka kirim konfirmasi email ke kita jadi bisa di-track.

Kelemahannya:

  1. Data Only. Yup, untuk tipe yang saya pakai cuma bisa untuk internetan. Buat saya sih nggak masalah soalnya kebanyakan kontak keluarga dan temen pake online chatting app macem whatsapp, line, kakao. Kalo ada yang butuh voice call & text message, SIM Card tipe ini nggak cocok.
  2. Nggak bisa ngubah tanggal mulai/pengiriman. Setelah booking, kita nggak bisa ngubah tanggal mulai pemakaian atau tanggal pengiriman. Jadi pilih baik-baik!
  3. Set APN Manual. Jangan lupa set APN! Sebenernya otomatis ada pilihannya juga sih. Cuma supaya yakin, saya set manual juga sesuai petunjuk mereka. Tapi anehnya, beberapa kali muncul notifikasi kalo APN belum di-setting padahal internetnya bisa dipake. Well, kurang tau hp atau SIM Card-nya yang bermasalah. Tapi selama internetnya jalan, no problemo. Haha.

Jadii, kalo ada yang mau ke Jepang silakan coba pake SIM Card ini. Berdasarkan pengalaman, I highly recommend this one! Sempet nggak yakin dengan kualitasnya karena harganya yang jauh lebih murah dibanding SIM Card lain. Tapi ternyata harga murah bukan berarti kualitasnya murahan. Hehe.

7 thoughts on “Rekomendasi Traveler SIM Card di Jepang: b-mobile

  1. hiii,, mau nanya kak, b mobile nya lancar dipake untuk google maps? ntar kalo di jepang kan perlu google maps real time biar ga nyasar๐Ÿ˜€

  2. hi kak, mau nanya nih… untuk b mobile nya apa lancar pake google maps real time? soalnya itu penting buat nyari jalan daripada kesasar๐Ÿ˜€
    thank you yah posting nya sangat membantu..

  3. setting APNnya susah gak? maklum gaptek. Biasanya asal pake hp doang๐Ÿ™‚.
    Pesennya kl mau dikirim hotel lebih baik berapa hari sebelum hari H?

    • Halo luciana
      Nggak susah kok setting APN-nya. Ikutin aja petunjuk di website.
      Maksudnya pesennya atau tanggal dikirimnya? Kalo pesennya, kapan aja bisa harusnya. Coba cek lagi ada ketentuan harus booking maksimal berapa hari sebelum dikirim ato nggak.
      Kalo pengirimannya, set tanggal kedatangan atau kapan mau mulai pakenya karena aktivasi dihitung mulai tanggal itu.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s