Chuseok Getaway: KTO & Cheonggyecheon Stream

KTO Building

Dari Deoksugung, saya kemudian berjalan menuju Tourist Information Center-nya Korea Tourism Organization. Untuk kesana, saya perlu melewati gedung Seoul City Hall lama dan baru yang letaknya persis banget di seberang Deoksugung. Seoul City Hall yang lama saat ini difungsikan sebagai Seoul Library. Bangunan ini berarsitektur gaya Renaissance. Sedangkan Seoul City Hall baru terletak tepat di sebelahnya. Arsitekturnya lebih modern dan futuristik, dengan bangunan yang berbentuk bulat dan terbuat dari kaca di bagian depannya. Di depan kedua gedung ini terdapat Seoul Plaza, taman dengan padang rumput hijau yang dilengkapi floor water fountain di sekitarnya. Saya melewati tempat ini tepat pukul 12 siang sehingga saya sempat mendengar suara lonceng Fala, jam dinding besar yang berada di depan Seoul City Hall lama. Tidak lama kemudian, air mancur juga menyala. Air disemprotkan naik turun dari lubang-lubang yang ada di lantai. Saya merasa beruntung berada disana pada jam tersebut karena sebelumnya saya sama sekali nggak tahu tentang keberadaan jam dinding atau air mancur ini.

Tidak lama disana, saya lanjut jalan lagi. Sekitar 15 menit, saya mulai melihat jembatan. Dan bodohnya butuh beberapa saat sampai saya akhirnya menyadari kalau di bawahnya adalah Cheonggyecheon Stream. Hahaha. Setelah tengok kanan kiri, saya pun melihat tulisan Imagine Your Korea berukuran besar di depan gedung KTO. Saya pun menuju kesana dan masuk ke basement dimana Tourist Information Center berada. Kenapa saya kesana? Karena untuk merayakan Chuseok, ada beberapa acara yang mereka selenggarakan secara gratis yaitu korean folk games, seni melukis boneka, seni melipat kertas, dan yang paling pengen saya coba: Hanbok Experience alias nyobain pakai hanbok. Di dalam TIC ini juga terdapat Tourist Information Center, K-Star Gallery, Korea Medical Tourism Information Center, Electronic Information Board, dan brosur-brosur wisata korea yang bisa kita ambil sepuasnya. Setelah muter-muter liat K-Star Gallery, saya pun mendaftarkan diri untuk njajal Hanbok Experience. Waktu tunggu untuk sampai giliran saya sekitar 60 menit katanya.

Saya pun kemudian menanyakan keberadaan ruang sholat atau prayer room. KTO adalah salah satu dari sedikit tempat di Korea yang menyediakan ruang sholat. Saya pun diantarkan ke ruang sholat dan ditunjukkan tempat wudhu yang berada di ruang itu juga. Ada beberapa sajadah dan mukena yang disediakan disana. Jangan lupa mengecek panah arah kiblat karena saya sempat salah arah mengikuti arah sajadah. Saya pikir itu sudah ke arah kiblat dan nggak ngeh kenapa masangnya aneh nggak rapat-rapat. Rupanya sajadah dipasang dengan arah memanjang sehingga bisa dipakai beberapa orang sekaligus bukan tegak untuk dipakai satu orang. Halah halah, akhirnya saya pun mengulang sholat.

Selesai sholat, masih banyak waktu untuk sampai giliran saya. Saya pun menonton anak kecil yang dengan lucunya main Tuho (arrow throwing game), permainan tradisional korea. Jadi panah dilempar supaya masuk ke target yang bentuknya seperti bolongan pot. Selain itu ada juga board game yang disebut Yutnori. Permainan ini membutuhkan 4 tongkat yang fungsinya seperti dadu. Saya juga sempat mengambil beberapa brosur wisata, salah satunya tentang Incheon, dan juga meminta form untuk Seoul Metro Stamp Event.

Setelah menunggu beberapa saat, sampailah giliran saya untuk mencoba hanbok. Karena saya pendek, hanbok yang saya pakai lumayan nglengsreh. Saat itu saya dipakaikan hanbok berwarna hijau. Petugasnya sempat menawarkan hanbok lain. Tapi karena saya suka warna hijau, saya memilih tetap memakai hanbok yang pertama. Saya pun diberi tahu kalau hanbok jenis ini biasanya dipakai oleh ratu. Huoo. Menunggu lagi sekitar beberapa menit dan akhirnya giliran saya foto. Saya minta tolong petugasnya untuk difotoin. Saya foto di depan lukisan bintang, bulan, dan 5 gunung seperti yang ada di Deoksugung dan set lain yang berupa kursi di lantai. Nggak lama foto-fotonya karena nggak enak minta tolong fotoin terus dan saya pun sudah mati gaya. Wkwkwk.

Dari KTO, saya berjalan menuju Cheonggyecheon Stream. Saya menyusuri jalan di pinggirnya menuju Cheonggye Plaza. Banyak penduduk lokal yang sekedar duduk-duduk atau main air di sekitar sana. Saking jernihnya air disini, saya bisa melihat dengan jelas ikan-ikannya. Saat saya sedang duduk, saya melihat 2 bocah yang kesusahan menyeberangi jembatan batu. Setelah takut-takut, salah satunya pun berani menyeberang dan yang satunya lagi masih kebingungan. Akhirnya saya iseng mendekati si bocah dan membantu menyeberang. Sampai di sisi satunya, saya menepi dan mengetes apakah si bocah berani menyeberang balik. Eh ternyata dia masih takut. Lucu banget liat ekspresinya liat kanan kiri kebingungan trus bilang otoke yang artinya iki piyee. //jahat// Akhirnya saya membantu dia menyeberang lagi. Sampai di ujung dia bilang annyeong alias dadah. Kyak, lucu banget.

Saya pun lanjut jalan dan menemukan Palseokdam, tempat melempar koin sambil make a wish. Saya iseng nyobain walaupun cuma ngelempar 10 KRW. //pelit// Sayangnya koinnya nggak masuk lubang, haha. Di dekat situ terdapat Candle Fountain, air terjun 2 tingkat setinggi 4 meter. Di bagian atas, terdapat Cheonggye Plaza. Disanalah letak Spring Tower. Saat itu, ada beberapa permainan tradisional yang bisa dicoba disana. Selain yutnori dan tuho, terdapat juga jegichagi dan ddakjichigi. Kalau sering nonton variety show korea, pasti nggak asing dengan 2 jenis permainan ini. Jegichagi itu kalau di sepak bola seperti juggling, tapi bolanya diganti dengan jegi. Sedangkan ddakjichigi, menggunakan kertas yang dilipat (ddakji). Objektif game ini adalah membalikkan ddakji lainnya dengan melemparkan ddakji. Saya sempet diliatin ahjumma waktu nyobain jegichagi. //jadi malu//

Dari Cheonggyecheon, saya berjalan menuju Gwanghwamun Plaza. Ceritanya akan saya tulis di post terpisah ya. See you!๐Ÿ˜€

Leave a Reply

