Chuseok Getaway: Around Gyeongbokgung

SAM_5339

Gyeongbokgung (경복궁) adalah istana terbesar dari 5 istana di Seoul. Lokasinya tidak jauh dari Cheonggyecheon Stream. Hal yang pertama saya kagumi saat sampai di area ini adalah Gunung Bugak atau Bugaksan yang menjadi latar belakang Gyeongbokgung.

Gerbang utama Gyeongbokgung adalah Gwanghwamun. Di depan gerbang inilah terdapat Gwanghwamun Plaza. Gwanghwamun Plaza (광화문광장) merupakan ruang terbuka publik yang dibuka pada tahun 2009 dan merupakan bagian dari proyek renovasi ramah lingkungan seperti Cheonggyecheon Stream dan Seoul Plaza. Di bagian depan Gwanghwamun Plaza terdapat patung Admiral Yi Sun Shin, komandan angkatan laut yang terkenal akan kemenangannya melawan angkatan laut Jepang di perang Imjin pada dinasti Joseon. Di sekitarnya terdapat floor water fountain seperti yang terdapat di Seoul Plaza, namun disini jumlahnya lebih banyak. Ada pula patung King Sejong, raja yang menciptakan abjad korea (hangeul) yang saat ini digunakan. Di belakang patung King Sejong terdapat pintu masuk ke bangunan di bawahnya yang berisi koleksi mengenai sejarah King Sejong.

Area ini selalu ramai pengunjung. Bayangkan saja, jalan di seberang Gwanghwamun merupakan jalan 10 jalur. Tapi setiap lampu penyeberangan berwarna hijau, penyeberang akan memenuhi jalan tersebut. Di sekitar lampu penyeberangan terdapat penjual street food khas korea seperti fried sweet potato stick, dried squid, dan beondegi (larva).

Saat saya sampai di Gyeongbokgung, pas sekali sedang ada royal guard changing ceremony. Saya pun menonton upacara ini walaupun hanya sebentar karena memang sudah mau selesai. Setelah upacara selesai, saya masuk ke dalam. Antrean tiket ramainya bukan main, saya pun mengurungkan niat untuk masuk ke dalam. Lagipula Gyeongbokgung ini luasnya luar biasa, sepertinya lebih baik kalau saya mengalokasikan waktu khusus untuk mengeksplorasi seluruh bagian istana. Di Gyeongbokgung ini kita juga bisa mencoba pakaian penjaga istana. Tapi karena pendaftaran untuk batch selanjutnya baru akan dibuka setengah jam lagi, saya pun tidak mencoba. Saya pun cuma berkeliling di area depan.

Setelah puas, saya pun keluar. Saya berjalan menuju sisi kiri istana. Di tengah jalan, saya menemukan taman kecil. Saya kemudian mampir ke taman ini dan makan bekal roti dan telor ceplok yang saya bawa. Ya, saya sengaja membawa bekal karena saya nggak tahu bakal makan dimana dan cukup susah mencari makanan yang bisa saya makan disini. Taman ini cukup kecil tapi asri. Disini juga terdapat alat olahraga yang memang sering ditemukan di taman-taman umum. Selesai makan, saya pun lanjut jalan lagi sampai menemukan patung-patung di depan sebuah museum. Nama museum ini adalah Cheongwadae Sarangchae. Museum ini merupakan museum kepresidenan korea. Rupanya di belakang Gyeongbokgung terdapat Cheongwadae (Blue House) yang merupakan istana kepresidenan. Pantas saja pengamanan di jalan yang saya lewati tadi cukup ketat. Saya sempat ditanya akan kemana oleh seorang polisi. Untuk mendapatkan foto Cheongwadae terbaik, berjalanlah ke arah gerbang belakang Gyeongbokgung. Disitu kita bisa mendapatkan foto dengan latar belakang Cheongwadae.

Saya memutari Gyeongbokgung dan menemukan banyak penjual street food di sisi satunya. Ada penjual waffle, dakkochi (chicken on stick), dan macam-macam lagi. Disana juga terdapat beberapa museum, antara lain National Folk Museum, Children Museum, Kumho Museum, dan World Jewellery Museum.

Tadinya saya juga mau ke Bukchon Hanok Village dan mencari Sanggojae, rumah yang menjadi lokasi shooting drama Personal Taste. Sayangnya karena sudah capek dan jalan menuju kesana lumayan menanjak, kejadian pas di Bukit Bintang terulang lagi, saya jadi bodoh baca peta dan nyasar balik lagi ke Gyeongbokgung. Akhirnya saya memutuskan pulang saja. Hahaha. Mungkin bisa sekalian kesana saat mengunjungi Gyeongbokgung lagi.😀

2 thoughts on “Chuseok Getaway: Around Gyeongbokgung

  1. Assalamu’aaikum salam kenal mbak mukti
    saya ismi, mau nanya mbak mukti masih di korea selatan??? boleh minta alamat email atau fb nya? mau nanya2 tentang korea, makasih sebelumnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s