Akhirnya Kawah Putih

Coba deh googling “objek wisata bandung” atau “tempat wisata bandung yang wajib dikunjungi”. Kemungkinan besar hasil teratasnya adalah Kawah Putih. Sudah lamaaa banget saya pengen kesana, mungkin sejak film Heart yang dulu sempat ngehits itu tayang. Haha. Dan setelah 6 tahun lebih di Bandung, akhirnya kesampean juga bisa kesana. :”D

Kebetulan waktu itu long weekend dan tim jakarta pengen ke bandung. Tapi bosen dong tiap kali ke bandung mainnya ke mall atau cafe terus. Saya pun mengusulkan gimana kalau ke kawah putih saja. Pertamanya agak-agak nggak setuju karena bingung siapa yang mau bawa mobil kesana. Jalannya jauh, naik turun pula, belum kalo pake macet. Males dong. Akhirnya dengan bujukan saya dan jikung yang memelas sedih belum pernah ke kawah putih, yang lain pun setuju kesana dengan menyewa sopir. Mobilnya bisa pakai mobil iponk. Yeayyy!

30 Maret 2014
Malamnya kami menginap di rumah iponk karena kami berencana berangkat pagi-pagi sekali untuk menghindari macet. Tapi akhirnya kami berangkat sekitar jam 7 kurang. Yang ikut waktu itu adalah saya, jikung, iponk, dan apin. Kami lebih banyak tidur di perjalanan. Haha. Perjalanan ke kawah putih lumayan lancar, kami sampai disana jam 9. Dari gerbang ke lokasi kawah bisa naik ontang-anting atau bawa mobil parkir di atas. Tapi karena kalau bawa mobil ke atas biayanya mahal (sekitar 150-250ribu, saya lupa pastinya dan belum termasuk tiket per orang), kami pun naik ontang-anting. Harga tiket ontang-anting kalau nggak salah 30-40an ribu, bolak balik. Ontang-anting ini mobil tapi nggak ada penutup sampingnya gitu. Perjalanan dari bawah ke lokasi utama dengan ontang-anting ini sensasinya kalau kata ceu syahrini mah cetar membahana. Ya bayangin aja, jalan nggak alus-alus banget, banyak tikungan, ontang-antingnya ngebut pula. Udah berasa naik roller coaster yang setting lokasinya di alam terbuka. Hasil foto saya di ontang-anting blur semua gara-gara goncangannya yang luar biasa. Hahaha.

Sampai di atas, kami langsung mengikuti jalan menuju kawah putih. Wahh, beneran keren ternyata. Dan walaupun masih pagi, kawah putih saat itu sangat ramai. Kami pun berkeliling dan foto-foto disana. Sambil memperhatikan orang-orang, kami menemukan mbak-mbak yang posenya “eksotis” gitu pas foto di dekat pohon. Ampun lah mbak, model ANTM kalah sama mbak.

Di beberapa titik bisa terlihat asap muncul dari permukaan kawah. Namun bau belerangnya tidak terlalu tercium, jadi walaupun kami sudah menyiapkan masker ujung-ujungnya malah lebih sering tidak dipakai. Setelah puas berjalan-jalan di sekitar kawah, kami pun naik ke atas. Saat pertama turun tadi, kami sempat melihat papan penunjuk arah “Hutan Cantigi” di dekat tangga. Kami pun penasaran dan akhirnya berbelok kesana. Tapi setelah diikuti, di ujungnya tidak ada jalur yang di paving block lagi. Malah ada 2 jalur ke kiri dan ke kanan seperti jalan setapak. Karena sepertinya sepi dan tidak tahu harus kemana, kami pun akhirnya memilih balik lagi saja. Setelah itu kami keluar dan naik ontang-anting lagi menuju ke tempat parkir di bawah. Di dekat tempat parkir banyak penjual makanan dan oleh-oleh. Dari jauh tampak menarik, tapi saya nggak sempat mampir.

Dari kawah putih, kami pun melanjutkan perjalanan ke Situ Patengan. Sayang dong sudah jauh-jauh sampai sana nggak sekalian ke situ patengan. Saya suka banget view situ patengan yang terlihat dari atas. Sampai di situ patengan, kami jalan-jalan di sekitar danaunya. Disana kita bisa naik perahu atau naik bebek-bebekan yang dikayuh sendiri. Banyak yang menawari kami untuk naik perahu, tapi pada nggak berminat jadinya cuma lihat-lihat danau saja. Danaunya bening. Kami nggak begitu lama disana.

Dari situ patengan kami mampir ke perkebunan teh yang ada di pinggir jalan. Foto-foto alay disana, haha. Baru deh abis itu pulang. Nah, perjalanan pulang ini macetnya luar biasa karena rame banget mobil yang ke arah atas. Kalo nggak salah perjalanan pulang memakan waktu hampir 6 jam, fiuhh untung pake sopir. Walaupun capek tapi senangg, akhirnya salah satu bucket list terpenuhi juga.๐Ÿ˜€