Lesson Learned: K-Pop Concert

Sejak tahun lalu, sepertinya semakin banyak promotor yang berhasil membawa artis k-pop ke Indonesia. Entah itu untuk konser, showcase, fanmeeting, atau sekedar jadi bintang tamu. Tapi, nggak semua berhasil melangsungkan acara yang dikenang baik-baiknya saja oleh penonton.

GBK, 9 Maret 2013

Ada yang seenaknya mengubah layout panggung dan seating plan + menambah kelas dengan harga super murah menjelang hari-H. Ada yang membuka presale tiket jauh-jauh hari diiming-imingi benefit khusus tapi buktinya nol. Ada yang menjajikan area dan pintu masuk khusus untuk pembeli tiket melalui promo tertentu tapi nggak dipenuhi. Ada yang tidak memberikan penjelasan mengenai pintu masuk masing-masing kelas, dan tidak ada yang bisa memberikan jawaban pasti mengenai hal itu. Ada juga yang petugas pengamanannya sangat sedikit jika dibandingkan dengan penontonnya. Dan lebih gilanya ada yang melakukan semua hal bodoh yang saya sebut barusan. Yes, i’m pointing at you promotor yang bikin acara bulan Maret lalu di GBK. ^^

special area? pfftttt

Ada lagi yang bikin fanmeeting dengan harga gila-gilaan, menjanjikan benefit yang jujur sangat menggiurkan buat para fans tapi hasilnya jauh dari harapan. Mulai sempat diundur, hampir batal, pindah venue sampai akhirnya bisa kejadian tapi seadanya. Fans yang sudah terlanjur beli tiket pun akhirnya cuma bisa merelakan dapat seadanya daripada nggak dapet apa-apa.

Tapi ada juga yang promotornya sudah oke, fansnya yang bikin malu. Dorong-dorongan dan teriak-teriak saat sang artis sedang tampil sampai acara mesti dihentikan sementara untuk menenangkan penonton. Nggak perlu teriak-teriak, your oppars won’t notice you. Even tho they notice you, it’s for a bad thing. Congrats ^^

Kadang saya merasa bodoh sudah membayar mahal untuk menonton konser tapi pelayanan yang diberikan promotor nggak sebanding. Ditambah lagi posisi yang didapatkan lebih sering jauh dari panggung dan cuma bisa nonton secara jelas dari layar. Tapi pikiran kapan bisa nonton lagi secara live kadang membutakan nalar. I blame you, oppars xD //i know fellow k-pop fans know how it feels//

Nah, biar nggak dibodohi sama promotor dan nggak menyesal nantinya berikut ini beberapa lesson learned saya mengenai konser k-pop di Indonesia:

  1. Perhatikan track record promotor, bagaimana konser-konser yang pernah diadakan sebelumnya. Apakah berjalan dengan baik? Jika promotor adalah pemain baru, cari tahu track record orang-orangnya. Kalau terlalu banyak janji yang mereka berikan, justru kamu harus curiga. Nggak nonton 1-2 konser nggak bikin kamu kenapa-kenapa kan? Kalo jodoh, nggak bakal kemana kok.๐Ÿ˜› Promotor yang saya percaya sejauh ini sih Marygops Studios & Big Daddy.
  2. Harga tiket memang mahal, sesuaikan dengan budget, posisi, dan benefit yang diinginkan. Jangan lupa, menjelang hari-H akan ada makin banyak promosi (mis. menggunakan kartu kredit tertentu). Silakan bersabar kalau mau dapat tiket dengan harga yang lebih murah. Kuis berhadiah juga biasanya banyak, tapi kamu nggak bisa pilah pilih mau tiket kelas apa dan butuh usaha super supaya bisa menang. Biasanya di venue akan ada banyak calo yang menjual tiket dengan harga lebih murah, apalagi kalau acara sudah mulai. Tapi saya sih nggak menyarankan untuk beli di mereka karena takut kalau tiketnya palsu.
  3. Tertib. Nggak perlulah dorong-dorongan atau teriak-teriak. Malu. Toleransi sama penonton yang lain. Apalagi kalau join concert, nggak perlu meneriakkan nama bias kamu ke kuping orang lain sampai urat leher kamu mau putus. Bisa jadi orang itu malah sebel sama bias kamu gara-gara kamu. Bukannya nggak boleh teriak, well fun-nya konser memang disitu, tapi ya dikontrol bisa kan. Kalau pegang banner, cardboard atau kamera, jangan sampai menutupi pandangan orang lain. Orang lain juga bayar kok supaya bisa nonton yang di atas panggung.

Sementara itu dulu sih, ntar kalo inget ditambahin lagi. Maaf kalo agak offensive, sengaja๐Ÿ˜›

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s