Lontong Medan Ka’ Zahra

Di Lampung, lontong sayur nggak ada yang pake embel-embel nama daerah. Tapi rasanya bisa dibilang cenderung mirip masakan jawa karena yang jual banyak orang jawa. Kalo di Bandung, lontong sayur padang ada di mana-mana. Tapi ternyata selain lontong sayur padang, di Bandung pun ada lontong medan. Lokasinya di Jl. Dipati Ukur, dekat Unpad DU. Nama tempatnya Lontong Medan Ka’ Zahra. Ada plang warna hijau di depannya.

logo

Karena penasaran apa bedanya lontong medan dengan lontong sayur yang lain saya pun nyobain kesana. Yang punya orang Batak asli, suaranya keras lantang khas Batak. Denger-denger pemiliknya ngobrol dengan pelanggan lain, yang asal medan asli ternyata adalah istrinya. Oke, cukup menjelaskan kenapa nama tempatnya “Ka’ Zahra”.

Pilihan lontong sayurnya bisa yang biasa, pake telor, atau pake rendang. Saya pesan lontong sayur pake telor, ini dia tampilannya:

lontong medan

Warna sambelnya menarik banget >< Selain lontong dan sayuran, ada bihun dan sambal tempe. Sayurannya lumayan banyak, ada wortel, labu siam, dan kacang panjang. Ada irisan cabe hijau juga di sayurnya. Santannya segar, nggak terlalu kental. Bumbunya kerasa kuat dan beda dengan lontong sayur jawa ataupun padang. Memang khas medanlah pokoknya. Harganya 8ribu aja. Murah meriah ^^

Selain lontong sayur, disana juga jual sayur daun ubi tumbuk, sambal teri medan, lupis, ketan, dan makanan khas medan lain. Hayuk dicoba

Lontong Medan Ka’ Zahra
Jl. Dipati Ukur, Bandung

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s