Teluk Kiluan: Superb!

Nah, kalo yang ini ceritanya masih baru banget. Baru 2 minggu yang lalu. Jadi, seharusnya saya masuk kuliah setelah libur lebaran adalah tanggal 20 September. Tapi, karena saya terlambat beli tiket balik ke Bandung, akhirnya dapet yang malam selasa alias bolos sehari. Nah, kebetulan saat itu saya ngeliat di fb bahwa Ayoo Travelling yang mau ke Teluk Kiluan tanggal 18-19 September masih ada jatah untuk satu orang lagi. Langsunglah saya pengen ikut, hahaha.. Saya langsung tanya, apa saya bisa ikut langsung dari Bandar Lampung (kebetulan mereka dari Jakarta). Dan ternyata bisa!๐Ÿ˜€

Masalah lain adalah, saya harus izin dulu ke orang tua. Aduh susah ya.. Masa’ perlu bilang kalo nggak diizinin, besok-besok kalo mau pergi nggak usah izin sekalian. *dasar anak bandel* Dan ujung-ujungnya diizinin sih. Saya yakin kok, jalan-jalan ini bakalan safe. Apalagi ternyata di rombongan itu banyak ceweknya. Orang tua saya khawatir karena di rombongan nggak ada yang dikenal. -.-” Oke, akhirnya saya fix ikut. DP udah ditransfer. *muhaha, untuk hal-hal kayak ginilah saya cari kerja part time. biar pas pengen pergi, nggak perlu ngebujuk ortu buat minta uang. fufufu*

Hari Sabtu pagi, jam 6 saya kumpul dengan rombongan AT. Ketemuan di deket kantor walikota. Abis itu langsung berangkat menuju Teluk Kiluan. Btw, buat yang belum tau, Teluk Kiluan itu ada di Provinsi Lampung dan terkenal dengan lumba-lumba hidung botolnya. Sempet berhenti sebentar di Way Ratai buat sarapan. Sampe di Teluk Kiluan sekitar jam 11. Jalannya nggak begitu bagus, terutama pas udah deket. Naik turun, pinggirnya jurang, tikungan, jalan berbatu dan jeglok sana sini, berasa off road gitu deh. Apalagi ada jembatan yang rusak, jadinya ngelewatin jalur sungai yang kering gitu. -.-“

Tapi, pas udah sampe.. Huaaa, perjalanan tadi terlupakan deh. Pantainya sepi, tenang, masih alami deh. Yang ngurus emang warga-warga situ. Nah, anggota rombongan yang cewek ditempatin di pondokan bambu di pinggir pantai. Dan disitu ada dermaganya. Huaa, asikk.. Yang suka foto-foto pasti seneng deh.๐Ÿ˜€ Kami pun istirahat dan kemudian sholat. Abis sholat, makan siang pun disajikan. Hidangannya? Ikan pastinya. Ikan yang masih segar karena baru ditangkap. Hmmm, mantap.. Entah kenapa makanan yang sederhana, tapi pas makan disitu nikmatnya jadi berlipat ganda. Hahaha lebay๐Ÿ˜›

eits, bukan ini ikan yang dimasak๐Ÿ˜›

Sorenya, kami pun naik jukung untuk snorkelling. Satu jukung isinya 5 orang. Nah, karena nggak ada yang nyewain alat snorkelling sebaiknya kalo mau kesini bawa alat sendiri deh. Tapi kalo life jacket sih ada yang nyewain. Kalo nggak bisa ngusahain alat snorkel, coba aja pake kaca mata renang biasa dan jangan lupa sandal travelling (sandal yang ada talinya, biar nggak copot dan kaki nggak terluka kena terumbu karang). Kerennn.. Sayangnya saya nggak jago snorkelan, jadinya cuma ngeliat ke bawah sebentar, terus gelantungan di jukung aja. Huhuhu, sayang banget.. Tapi, emang keren deh.. Apalagi buat saya yang sebelumnya belum pernah snorkelling. (blush) Oiya, airnya jernih banget, dari atas pun sebenernya udah lumayan keliatan terumbu karangnya. Tapi sayangnya, ada beberapa spot yang kotor karena sampah. Grrr.. Setelah beberapa lama snorkelling, kami pun menepi dan main-main di pantai pasir putihnya. Karena udah sore, ombaknya lagi pasang dan itu lumayan besar. Jadinya pada maen ombak deh. Hehehe..

Pulang dari snorkelling, kami bilasan di kamar mandi umum. Dan malamnya makan malam donggg. Kali ini makan ikan bakar dengan bumbu seruit, khas Lampung. Yang pasti enakk, apalagi abis kecapekan snorkelling.๐Ÿ˜› Dan setelah itu kembali ke pondokan karena paginya bakal ngejar lumba-lumba di samudra hindia.๐Ÿ˜€

Paginya, sekitar jam setengah 6 kami sudah siap. Tapi baru naik jukungnya sekitar jam 6. Padahal, katanya sih waktu yang cocok untuk berangkat adalah jam 5 pagi. Tapi yasudahlah, yang penting nanti ketemu lumba-lumba. Hahaha.. Kali ini, penumpang jukung cuma 2 sampai 3 orang karena jukung bakal dibawa ke Samudera Hindia dan ngejer lumba-lumba. Jadi, kalo penumpang kebanyakan ntar pengemudinya kesusahan. Deg-degan banget pas jukung mulai masuk ke Samudera Hindia. Bayangin aja perahu sekecil itu di tengah Samudera yang entah dimana ujungnya. Huaa, ngeri dehh.. Tapi pas udah agak lama dan kelihatan jukung-jukung lain yang sama-sama lagi ngejer lumba-lumba, deg-degannya lumayan berkurang. Apalai pas ngeliat lumab-lumba pertama lewat. Huaa, girangnya bukan main.. Mas pengemudi jukung dengan lincah mengarahkan jukung ke dekat lumba-lumba supaya kami bisa melihat lumba-lumba lebih dekat. Berkali-kali begitu. Kadang-kadang si mas pengemudi jukung mengeluarkan bunyi mirip peluit untuk memancing lumba-lumba supaya mendekat. Huaa, bener-bener seru deh..

huaaa, lumba-lumba

Setelah beberapa jam, lumba-lumba pun mulai jarang. Kami kembali menuju teluk kiluan. Nah, jalur pulang agak berbeda dengan jalur berangkat. Kami diajak memutari Cengkalit. Sejenis batu candi gitu mungkin ya. Kerennn.. Dan disitu ada batu yang bentuknya mirip kepala orang. Kemudian, kami berhenti dulu di Pulau Kelapa. Pulaunya kecil. Dan kami keliling pulau itu. Oiya, ada biaya masuk pulau 5 ribu aja. Sayangnya nggak terlalu terurus sekarang, padahal dulu katanya bagus.

Nih foto-foto pantai di pulau kelapa. Cantik banget kan? Padahal itu cuma diambil pake hp gara-gara batre digicam habis.๐Ÿ˜€

Setelah itu, kami kembali ke penginapan dan sarapan. Kali ini bukan ikan, mungkin karena si ibu yang masak takut kami bosen.๐Ÿ˜› Setelah beres-beres dan pamitan, rombongan pun pulang. Saya turun di teluk betung, sementara yang lain makan dan kembali ke Jakarta.

Photo credit : Duto Seto

Huaaa, super nice trip๐Ÿ˜€

Jalan-jalan begini bikin saya tambah pengen pergi ke tempat lain seperti Karimun Jawa, Kepulauan Seribu, Sawarna, Ujung Kulon, Bromo, Bali, Lombok, Bangka Belitung, Raja Ampat. Huaaa, tambah banyak aja yang dipengenin. Mudah-mudahan bisa pergi kesana. Aminnn

One thought on “Teluk Kiluan: Superb!

1. btw, i know that i’m not a good writer. tapi, semoga ini bisa bikin kalian yang baca kepengen kesana juga๐Ÿ˜€