Menghubungkan MySQL dan C di Netbeans dengan Cygwin

Waktu itu saya pernah janji mau ngasih tutorial cara menghubungkan MySQL dan C di Netbeans pada Windows. Nah, sekarang mau saya tulis nih mumpung sempet dan catetannya udah dapet dari Dara.😀 Btw, maaf kalo judulnya ngebingungin, soalnya saya juga bingung judul yang benernya gimana. (doh) Oke, langsung aja deh

Netbeansnya udah diinstall kan ya? Nah, compiler yang saya pake Cygwin. Kalo belum diinstall, ambil dulu disini. Abis didonlot, jalanin setup.exe. Ikutin cara installnya disini. Pas choose a download site, pilih aja yang http://kambing.ui.ac.id. Selain package yang udah disebutin,  pilih juga package libncurses-devel, readline dan libreadline. Ikutin petunjuk di situs tadi sampe yang nomor 10 aja.

Setelah itu, download mysql-5.0.91.tar.gz disini. Kalo mau cari versi yang lebih baru, silakan coba liat disini. Kalo udah di-donlot, cuba buka page ini. Sebelum ngikutin tahapan disitu, copy file ttydefaults.h ke folder /usr/include/sys/. Setelah di-copy, baru ikutin langkah-langkah yang ada di situs sebelumnya. Tapi yang bagian ./configure blablabla diganti dengan:

./configure –without-server –without-readline CFLAGS=-O2 CXXFLAGS=-O2

Nah, sekarang setting di NetBeans-nya. Saya ngambil dari sini.

  • go to Tools->Options and select C/C++ tab. Click the “Add” button and select the “bin” folder of your CygWin installation (mine is C:\cygwin\bin). The other two fields should auto-complete. Click OK, make sure all paths are correct and then click OK again.
  • right-click your project in Projects pane. Go to Properties
  • in the Build->C Compiler section, add the value “c:/cygwin/usr/local/include/mysql” in the “Include directories” field (supposing that you installed CygWin in C:\cygwin)
  • in the Build->Linker section, add the value “c:/cygwin/usr/local/lib/mysql”
  • in the same section (Linker) click on the button near “Libraries”, click “Add Library”, go to “/usr/local/lib/mysql” and add “libmysqlclient.a”
  • after clicking “Select”, press again “Add Library”, go to “/lib” and add “libz.a”
  • click OK and then OK again

Udah bisa konek ke MySQL deh. Selamat mencoba😀

Btw, kalo ternyata gagal, coba jalanin cygwin-nya dulu terus ketik perintah mysql -h 127.0.0.1 -u root. Printscreen tahap-tahap dan contoh programnya menyusul ya. Hehehe..

3 thoughts on “Menghubungkan MySQL dan C di Netbeans dengan Cygwin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s