JJKB : Jalan Jalan Ke Bogor

Minggu lalu, saya nekat nyusul om saya yang lagi jalan-jalan di Bogor. Jadi, ceritanya (kalo nggak salah inget) si om udah dari dua minggu sebelumnya bilang mau jalan-jalan ke Bogor. Saya disuruh nyari-nyari Hotel buat nginep. Dengan bantuan om gugel, dapetlah info beberapa hotel dan langsung saya kirim ke fb om saya.

Jadi om saya ini dari Palembang dan emang mau liburan bareng tante dan anaknya. Minggu lalu itu, mereka hari jumatnya ke Jakarta dulu dan baru Sabtunya mau ke Bogor. Hari Sabtu pagi, saya mau nyusul mereka. Niatnya sih naek travel, tapi karena Sabtu pagi saya baru ngehubungin travel jadinya nggak dapet deh.๐Ÿ˜ฆ Akhirnya saya mutusin naek bis aja. Sebelum ke terminal, saya makan dulu di Simpang. Pas lagi makan itulah, om saya bilang nyusulnya ke Puncak aja soalnya mereka dari Jakarta mau langsung ke Taman Safari. Haiyah, padahal saya nggak tau cara kesananya gimana. Tapi, saya dikasih tau kalo ada bis yang lewat Puncak. Oke, saya bakal nyusul ke Puncak.

Sampe Leuwipanjang, saya nanya sama orang disitu bis yang lewat Puncak mana. Dan dijawablah kalo bisnya bis ekonomi. Baiklah. Setelah nyari dan nanya-nanya, akhirnya ketemu juga bisnya. Oke, ini bis ekonomi, berarti saya nggak bisa memprediksi kapan nih bis nyampe. Nggak bisa juga menuntut kenyamanan. Dan saya pun dirokoki dari samping dan depan. Graoo.. Sebenernya agak nekat-nekatan juga ini. Saya nggak tau jalur yang dilewatin kayak apa, saya nggak tau saya mesti turun dimana, saya bawa laptop karna ada kerjaan yang belum selesai, saya berangkat sendirian, bis ekonomi pula. Huaa, agak dagdigdug juga sih sebenernya. *Gimana mau jadi backpacker, ke puncak aja begini? (doh)*

Saya berusaha menikmati perjalanan yang biayanya cuma 25ribu ini, yak ternyata tidak sulit. Karena perjalanannya memang menyenangkan, selain kekesalan karena dirokoki, pedagang asongan yang masuk ganti-gantian, bis yang lambat dan sering berhenti, dan kursi yang keras semuanya oke. Emang itu sih sebenernya nikmatnya naik bis ekonomi, Hehehe. Pas lewat Padalarang, saya baru liat ada angkot yang pintunya di belakang. Selain itu ternyata delman masih jadi angkutan umum, kalo di bandung kan cuma buat wisata. Terus, lewat Cianjur. Lewat Cipanas, banyak penginapan dan tempat wisata. Lewat depannya istana Cipanas juga. Bagus! Pas di daerah puncak, lewat gerbangnya puncak pass, telaga warna, kebun teh, dan beberapa objek wisata lainnya. Kanan kiri kebun teh, pemandangan gunung. Seger banget deh ngeliatnya. Terus, yang menarik perhatian adalah beberapa nama toko ditulis dengan tulisan Arab.

Tapi, disitulah saya mulai dagdigdug. Mau dibawa kemana saya, mesti turun dimana. Nih bis kan mau sampe Merak, apa langsung nyebrang ke Bakau aja ya? :p Mana hapenya bobrok gitu. Batrenya cepet abis. Dan saat itu mati. Butuh usaha dan kesabaran untuk ngidupin, cuma buat nanya saya turun dimana ke om. Untunglah puncak macet. Jadi bisa ditahan agak lama di daerah situ. Saya nanya ke pak sopir, Taman Safari masih jauh apa nggak. Dan dijawab kalo itu nggak terlalu jauh dan macetnya ini karna Taman Safari. Ah, melegakan hati. Akhirnya saya turun di deket gerbang taman safari dan bisa ketemu om saya. Yeayy!

Dan si om sudah selesai main-main di taman safari. Jadinya, kami naek ke daerah atas. Berhenti di sebuah warung makan yang belakangnya adalah pemandangan kebun teh. Foto-foto dan makan jagung bakar disana. Yumm.. abis itu, turun ke daerah Bogor Kota. Pas awal turun, lumayan lama karena macet. Tapi kemudian Puncak dibuka cuma satu arah, cuma turun. Yang mau naek di stop dulu ternyata. Akhirnya lancar deh. Dan pas sampe bawah, huaa panjangnya antrian mobil disana.

Sampe Bogor Kota, cari Hotel. Setelah mengunjungi 3 hotel, akhirnya diputuskan untuk nginep di Hotel Permata. Deket Kebun Raya. Menikmati malam di hotel aja, sambil nonton IMB yang ada christian bautistanya. Hahaha :*. Dan saya teriak-teriak histeris, diikuti sepupu saya yang masih kecil. Oke, bagian ini nggak usah dibayangkan.

Paginya, kami berangkat ke Taman Buah Mekarsari. Dan pas lewat Legenda Wisata, jadi kepengen masuk kesana karena inget Feny Rose. Masuklah kami kesana. Muter-muter liat rumah keren yang pas diperhatikan lebih lanjut ternyata sempit. Pintu belakangnya langsung keliatan dari depan. Hadehhh. Disana, foto-foto di beberapa spot. Hahaha. Abis itu lanjut ke Mekarsari. Lagi ada Festival Jambu Biji. Foto-foto bareng kostum buah. Pas mau naek kereta, lama banget, akhirnya nggak jadi dan keluar dari antrian. Sayang sih tiketnya. Hehehe. Terus ke bagian permainan anaknya. Si Rara maen kayak perahu yang dikayuhnya pake tangan. Dan entah kenapa, perahunya muter-muter aja. Kasian dia kebingungan. Hehehe. Karena panas, akhirnya kami cuma sebentar disitu dan lanjut ke Bandung. Mau ke rumah nenek Rara. Tapi sempet makan siang di rest area. Makan di Hj. Ciganea. Masakan sunda gitu, dan enakkk.

Oiya lucunya, nenek dibohongin. Dibilangnya ada tetangga yang mau nganterin paket. Dua kardus besar dan dua kardus kecil. Karena tante belum pernah ke rumah nenek yang di Bandung, pas udah mau keluar tol ditelponlah nenek. Ditanyain jalannya kemana. Oke, kami ngikutin petunjuk. Dan karena nenek emang lincah, nenek udah nunggu aja di depan optik yang jadi ancer2nya. Pas ngeliat, langsunglah Rara dan Tegar teriak teriak “Paket datang! Paket datang!”. Hahaha, iseng banget.

Abis dari rumah nenek, ke Hotel Aston di Braga. Nenek dan kakek diajak nginep juga. Nah, saya mau dianterin pulang ke kosan. Dan dudulnya saya, saya nggak yakin jalan pulangnya. Padahal udah 3 tahun di Bandung dan itu sebenernya deket. Nyahaha. Tapi akhirnya bisa sampe juga. Dan saat itulah saya baru paham jalanan di sekitar situ. Padahal sering lewat kalo naek angkot. (doh)

*mungkin om saya baca, kayaknya sering mampir kesini orangnya. mau kemana lagi om? ikut dong :p