Wisata Kuliner Simpang

Huehehe, judulnya udah ngikut2 Pak Bondan ni..

Sebagai anak yang kosannya deket Pasar Simpang Dago, pastinya deretan tenda-tenda makanan di sana sering saya jamah (halah). Nah, sekarang saya mau ngerekomendasiin beberapa tempat.

— Waroeng Aneka

Hmm, andalannya Ayam Pop. Tempat makan ini adalah cabang dari Waroeng Aneka yang di Cisitu Lama. Bedanya sama yang di Cisitu Lama, dia nggak ngejual Ayam Cobek yang mantap nian itu. Sayang banget.. Selaen Ayam Pop, makanan yang ada dijual disana adalah Soto Betawi Daging, Soto Betawi Ayam, Sop Ayam, Sop Daging, dan Sop Buntut. Harga makanannya 8000 semua.ย Karena rame, makanan disini cepet abis, terutama si Ayam Pop. Kadang-kadang jam setengah 9 aja udah nggak ada lagi. Bukanya sore menjelang maghrib. Lokasi tempatnya sekitar 3-4 tenda sebelum Kidang Pananjung.

— Waroeng Nice

Waroeng yang ini lumayan baru. Andalannya seafood. Beberapa kali nyoba disini, lumayan memuaskanlah.. Tapi, biasalah kaki lima, vetsinnya agak banyak. Kalo yang nggak doyan vetsin, cepetan aja bilang sama mas-mas penjualnya. Lokasinya 2-3 tenda sebelum Waroeng Aneka. (Hahaha, daritadi ukurannya x-y tenda mulu). Bukanya juga malem.

— Ayam Taliwang

Kalo warung2 sebelumnya ada di jalan sebelah kiri (kalo dari arah merdeka), warung yang ini ada di sebelah kanan. Di deket seberang jalan masuk Cisitu Baru. Ada tulisan gede : Ayam Taliwang. Hmm, saya suka banget sama plecing kangkungnya.. Seger.. Tapi, kalo mau makan disini mesti sabar. Walopun pembelinya cuma kita, si mas-mas penjualnya agak lama bikinnya. Entah belum terbiasa atau demi ke-perfect-an sajian (halah lebay). Buka malem.

— Ayam Goreng Pak Kumis (Herry Chaniago)

Yang jual ayam goreng si banyak, tapi kenapa saya merekomendasikan tempat ini? Alasannya adalah : pilihannya banyak (ada ayam, lele, macem2 ikan, usus, ati ampela, dll), dibanding warung laen bumbunya juga lebih kerasa, dan yang lebih mantep adalah sambelnya disediain di cobek langsung. Sambelnya ada yang sambel tomat ada juga yang sambel kecap. Penggemar sambel puaslah pokoknya. Mau ngabisin secobek-cobeknya juga silakan. Lokasinya deket Waroeng Nice, lokasinya (lagi2) sekitar 2-3 tenda sebelumnya. Lumayan lebih besar dibanding yang laen. Buka Malem.

— Batagor Simpang Dago

Kalo yang ini bukan kaki lima, tapi emang rumah makan. Di sebelah kanan juga, yang warnanya orange-orange. Makanannya nggak cuma batagor. Ada nasi bakar, macem-macem yamien, nasi rames, dll. Saya si lebih suka makan nasi rames, soalnya murah. Hehehe, biasalah anak kosan..

— Sop Buah

Hmm, belum pernah dikecewakan Sop Buah yang ada di Simpang si.. Semuanya enak kok, terserah mau pilih yang mana.

— Bubur Ayam

Pagi-pagi enaknya emang sarapan bubur. Ini ada di sebelah kiri jalan. Cuma ada 1 penjual bubur ayam. Murah meriah, pake ati-ampela cuma 6000.

— Lontong Sayur Padang

Baru tau pas di Bandung inilah saya kalo ternyata ada yang namanya lontong sayur padang. Bumbu khas padangnya juga emang kerasa. Pilihan lauk tambahannya juga ada beberapa macem, kayak rendang, ayam, dan telur. Bukanya pagi. Ada beberapa penjual, tapi saya lebih sering di yang paling pinggir deket kios koran. Jual pecel padang juga.

— Pecel Maknyus si Mbah

Nama sebenernya bukan itu, saya aja yang asal ngasih. Hehehe.. Tapi, sumpah ya pecel si mbah emang dobel maknyus. Sayurannya lengkap, bumbunya juga enak.. Widiww.. Kalo mau tahu dan tempe bacem juga ada. Dahsyat dah pokoknya. Si Mbah yang umurnya udah 71 taun ini jualan pagi-pagi. Di sebelah kanan jalan. Depannya yg ada plang pasar simpang dago blablabla. Harganya cuma 4000 sebungkus, lontongnya yang padet cuma 500 selonjor (hah selonjor? wkwkwk). Oiya, si mbah cuma nggelar dagangannya dengan bakul2, jangan berharap melihat tenda disitu, yang ada cuma payung besar (itupun kalo lagi ujan). Trus, kayaknya nggak bisa langsung makan disana. Selaen itu, bukanya cuma sebentar keknya.. Soalnya saya pernah kesana jam 8, si mbah dah nggak ada.๐Ÿ˜ฆ

– Kue Untuk-Untuk

Yang ini si cuma cemilan, tapi cemilan yang lumayan sehat, murah, dan agak mengenyangkan. Namanya si agak aneh buat yang nggak biasa. Katanya si kue khas kalimantan. Kayak roti isi kecil gitu, isinya kacang ijo. Enak kalo masih anget. Harganya cuma 400 perak. Lokasinya pas di depan gang cisitu baru, deket yang jualan nasi kuning. Tapi yang ini juga sebentar banget bukanya, jam stgh8 pagi udah nggak ada keknya.

Apa lagi ya.. Lupa ni, yang keinget sekarang itu doang. Besok-besok saya update deh. Selamat berwisata kuliner di Pasar Simpang Dago..๐Ÿ™‚

3 thoughts on “Wisata Kuliner Simpang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s