Gagap Kanan Kiri?

Bagi buaaanyak orang, membedakan kanan dan kiri adalah hal yang amat sangat mudah banget sekali (sengaja pleonasme). Tapi buat saya, itu adalah hal yang kadang-kadang menjadi amat sangat sulit untuk dikerjakan. Entah asal mulanya darimana, sampai sekarang saya – yang kurang dari 2 minggu lagi umurnya bakal 18 tahun ini (hehehe… sengaja bilang, siapa tau ada yang mau ngasih kado) – kadang-kadang lama banget membedakan kanan dan kiri. Hal ini sering ngebuat situasi saya jadi sulit dan merugikan orang lain. Misalnya aja waktu SPARTA kemaren, pas materi PBB. Pekerjaan yang amat sangat saya hindari, yaitu membedakan kanan dan kiri mau nggak mau harus dilakukan karena di PBB ada yang namanya perintah hadap kanan, hadap kiri, bahkan hadap serong kanan dan hadap serong kiri. Huuuaaaa…

Waktu sampe di pos ini, saya udah dag-dig-dug-dhuerr karena punya firasat buruk. Dan… yak… memang terbukti. Berkali-kali saya terlambat dan salah arah gara-gara mikir kelamaan mana arah kanan dan kiri. Lebih-lebih, posisi saya paling depan dan pojok lagi! Nggak tau deh gimana tampang-tampang temen saya di belakang yang mungkin kesel banget karena saya masih aja salah. Udah gitu, kakak 001 alias kak Wulan berkali-kali ngedecak kesel dan bilang “Masa’ ngebedain kiri dan kanan aja nggak bisa!”. Haduh… maaf kak… maaf teman-teman…

Akhirnya, kami disuruh tutup mata sambil ngedengerin perintah. Dan entah kenapa, ada ilham darimana, atau refleks saya bagus, saya berhasil membentuk posisi akhir yang sama dengan temen-temen yang lain. Hore !!! keprok keprok !!! Sebenernya ada kemungkinan laen si : emang saya menuju arah yang bener, tapi kalo dibandingin temen yang laen saya tetep telat, trus karena saya merem saya nggak tau deh telat apa enggak. Yah, yang pasti saat itu Alhamdulillah… saya bersyukur banget… akhirnya selesai juga sesi itu. Mungkin kalo sesi ini ditambah beberapa menit lagi, saya bakal ngumpulin keberanian dan nebelin muka buat ngakuin kalo saya susah dan lama (bukannya nggak bisa) ngebedain kanan dan kiri. Hohoho… untungnya itu nggak terjadi.

Banyak si temen-temen saya yang udah tau kalo saya punya penyakit “gagap kanan kiri” ini. Jadi, kadang-kadang mereka ngegangguin saya dengan tiba-tiba bilang : ‘Ka, hadap kanan!’. Dan yang terjadi kemudian adalah : saya bengong, trus menghadap ke suatu arah, trus sadar kalo arah yang saya tuju itu salah. Huahaha… Parah abis.. Oiya, waktu itu saya pernah baca dimana gitu.. kalo apa yang saya alami juga banyak dialami orang lain, terutama cewek karena bagian otak kanan dan kirinya kenapa gitu… Kalo ada yang tau atau ngalamin hal yang sama, kasih comment aja. ok..

Tapi, ya sudahlah. Itu semua sudah terjadi dan telah menjadi bagian hidup saya selama ini… halah… kyakyakya… Yang penting sekarang saya akan terus berusaha untuk mempercepat proses otak saya dalam membedakan kanan dan kiri. Mohon bantuannya ya… hehehe…

Oiya, klik disini buat tau kenapa banyak cewek nggak bisa bedain kanan dan kiri

21 thoughts on “Gagap Kanan Kiri?

  1. hmm..mbak..ternyata kita kawan senasib yaa…

    aku udah 22 taun, dan mpe sekarang juga masih bingung ngebedain kanan kiri..

    kadang sampe di marahin ma supir taksi : “mbak kalo gak tau jalan diem aja deh!”, hehehe…malu juga euy…

    mungkin respon dari otak kita aja yang lambat ya…hehehe…

    btw..salam kenal ya…hehehe

  2. sama dgn saya jg..hehe..yg terjadi pada kita itu adl salah satu bentuk disleksia..walaupun kebanyakan penderitanya mengalami kesulitan mengeja..kalau saya termasuk yg discalcusia atau kesulitan dlm hal numerik n matematik.hal ini terjadi krn bentuk otak kita berbeda,alias cacat,biasanya keturunan.perbedaan otak bagian kiri belakang itu salah satu efeknya adalah membuat kita tidak bisa membedakan kanan dan kiri secara instingtif..tp tenang,konon einstein jg salah satu penderita disleksia sperti qta..salam..

  3. haloo.. salam kenal yaa sbelumnya..
    sbenernya wktu lagi ng-search di google soal pnyakit yang gak bisa bedain kanan-kiri,,tiba-tiba ke buka blog lo.. ^^

    cuma pengen tau, masi berkelanjutan gak??
    trus, sebelumnya lo bisa ngebedain dngan jelas??
    kadang-kadang keseimbangannya terganggu gak??

    maaf banget yaaa banyak nnya. gw udh nge-add FB lo, d confirm yaaaa… thx b4

  4. sekarang si masih, tapi udah agak berkurang si๐Ÿ™‚
    emang kadang2 suka kesandung2 gitu si, tapi nggak tau itu ada hubungannya apa nggak

  5. duh… sama bgt nih ma nasib aQ,, kirain cm Aq yg gagap kiri kanan, tp untungnya masih punya tmn, hehehe just kidding ko..
    AQ pernah denger dr tmn yang nak psikologi untar, katanya gagap kiri kanan itu slah satu bentuk gangguan terhadap psikologi,, mmm… tapi dr komment yang diatas nyebutin slah satu bentuk disleksia,, kmrn di cmps jg pernh ngebahas ttg gannguan itu, tp msh lum paham,, nih mu nyari2 bukti2 yang otentik dan jelas,, hehehe. supaya jgn smpe gara2 hal yang sepele ini bs nyebabin kecelakaan, gara2 salah nyebutin kiri ynag harusnya kanan trus ketabrak deh,, huf….. jgn sampe…

  6. iyah
    sama
    aku juga gagap kanan kiri
    agak Bete di katain banyak orang “masa kanan kiri aja ngak bisa bedain”
    tapi emang nyatanya ngak bisa ngebedain
    awalnya aku mikir, apa gara2 dulu pas sekolah ngak pake TK yah jadi pas pelajaran pengenalan kanan kiri aku ngak ikut jadi ngaruhnya sampaiii sekarangg

    tapi ternyata pas sempet ngobrol sama temen yang anak kedokteran, itu emang ada sejenis penyakit syaraf, lupa apa namanya, ngak berbahaya sihh tapi sedikit menggagu..

    kita harus besyukur baru gagap kanan kiri
    malah katanya ada orang yang ngak sadar kalo dia punya bagian tubuh yg utuh
    dia ngerasanya tubuhnya cuma setengah
    jadi kalo ngapa2in yah cuma setengah doank
    contohnya pake baju, pake sepatu yah cuma setengah aja,,,

    yah paling gak sekarang kita jadi tau apa yg selama ini kita hadapin dan jadi lebih ngehargain semuanya

    salam kenal semuanya…

  7. aku juga baru tau kalo aku ternyata memiliki kekurangsempurnaan dalam hal syaraf. pasca penge-judge-an bertutut2 dari temen2 psikologiku aku jadi agak ngeri si…cos efek berkelanjutannya bisa sampe tarap alzeihmer katanya…dan efek pelan2 yang ud aku rasain adalah tingkat kepikunan yg luar biasa…dan itu lama2 jadi terasa sangat ngerugiin…terutama bagi orang2 sekitar.
    katanya salah satu sebab karena sering radang tenggorokan dan panas. dan itu aku alami terus mpe segede ini.
    anehnya aku lumayan mampu menyusun kata2..meski kadang dalam keadaan tertekan atau untuk kata2 tertentu terutama yang menggunakan huruf r dan l secara berurutan aku sangat kesulitan dan kadang tiba2 menjadi cadel.
    dan aku juga sering banget jatuh atau melangkah melewati 2/3 anak tangga sekaligus…apakah ada cara mengatasinya..?
    aku takut akan efek akhirnya

  8. Ya ampuuun sama banget! Aku juga ekskul di sekolah paskibra, jadi hadap kanan kiri dan lain-lainnya udah makanan sehari-hari banget, huhu makanya stress banget deh kalo udah mulai PBB. Tapi entah kenapa lama-lama pake feeling juga aku udah bisa bedain, tapi itu cuma selama pas paskib aja. Kalo udah ga paskib aku bingung lagi. Aku sih ngakalinnya gini, jadi di punggung tangan aku tuh ada yang ada tai lalat kecilnya sama yang ga ada, nah tanganku ini aku pake untuk ngebedain kanan dan kiri. Kiri itu berarti tangan yang ga ada tai lalatnya, sedangkan kanan yang ada tai lalatnya. Jadi kalo disuruh liat kanan kiri pasti aku liat tangan dulu deh haahaha.

  9. Sekedar mo nambahin aja nie,
    Aku juga punya kecenderungan yang sama. Umurku skrg ud 24 taon.. dan aku ud gagap kanan kiri sejak kecil.
    Sampe sekarang sih masih.
    Dan aku belum tau aja kenapa ya bisa gini, cuma semakin kesininya gagap kanan kiri ini malah disertai sm short term memory loss ato gampang lupa sesaat yang kadang ganggu bgt kalo kita lg butuh nginget hal hal yang penting gt..
    Tapi ya masih ada cara buat ngakalinnya sih

    Buat gagap kanan kiri, aku sering mikir gini, saat ada yg nanyain arah gt misalnya, kanan ato kiri.. aku selalu pake acuan tanganku sendiri.. pokoknya tangan yg aku buat nulis itu pasti yg kanan, kalo yg buat gosok gigi pasti yg kiri.. dgn gt aku pasti lgsg tau yg mana kanan, yg mana kiri..

    Kalo buat pikun sesaatnya, yaaa.. gada cara laen sih selaen dgn sering2 aja nyatet smua hal penting yg kamu inget saat itu jg, jd kalo satu saat km lupa dan urgent bgt buat inget2, km bs lgsg buka de catetan kmu.. =)

    Semoga bs membantu.. ^^

  10. hhehehehehe… kita senasib ni… dari kecil saya kayak gitu..
    tapi sadarnya pas dah gede…
    saya sering berpikir : “Pantesan aq selalu salah waktu kasih komando ke teman2 waktu jadi pemimpin regu gerak jalan”
    dan parahnya saya selalu jadi kepala regu… >.< daaaan.. selalu salah kasih kode kalo dah gugup…
    saya sampai sekarang masih sering gitu koq…๐Ÿ™‚
    yang jadi korban saya adalah supir travel (waktu nanya ancer2 rumah saya) , orang yang nanya jalan sama saya, sama kalo nyari alamat…
    hahahahaahahaha…. it's okay…๐Ÿ™‚

  11. Wow ternyata saya punya banyak teman! Saya kira saya sendirian di dunia ini! *lebay
    Sudah sejak SMP saya kesulitan membedakan kanan dan kiri waktu PBB Pramuka. Tapi saya belum sadar waktu itu. Nah semakin tua (24 tahun, dokter gigi) saya makin bingung dan kesulitan membedakan kanan kiri. Apalagi kalau ditodong secara spontan.
    Salam kenal๐Ÿ™‚

  12. wuuuu,… sama bangeeeet,… gag nyangka ternyata banya juga yang memiliki penyakiit seperti aku,..hehe
    aku juga memiliki kekurangan tidak bisa membedakan arah kanan dan kirii,… aku pikiiir itu hanya hal sepele,.. namun saat aku menjadi penunjuk arah saat liburan bersama keluarga,.. eeeeh baru ketahuan kalau semua itu paraaah,…
    iiiiih masak siiih bisa potensi alzaimer??? ngerinya…!!!!๐Ÿ˜ฆ
    aku sudah usia 21 th,,,

  13. aq umur 23 th dan ternyata aq juga blm bisa cepet tanggep kalo ditanyain kanan kiri..
    aq juga sering kesandung ato njatuhin barang..sering keseleo juga kalo ngomong dan..Pelupaaaa..
    wah wah..byk juga yang senasib ternyata..jd gak terlalu minder lg..hehehehe..

  14. Aq umur 24 dah mau 25 bntr lg,,,tp tetep aja ssh bedain kiri kanan,,ampe tmen kesal kalaw nanyain jalan ama aq,,padahal jalan yg aq kash tau gak salah,,cuma kiri kanan nya aja yg salah,,eh salah jga ding jd nya,,salam knala jga ya ama yg senasib hehehehehehe…

  15. wahh, sama mbak, tp saya blm terlalu parah siih
    saya baru ngerasa akhir2 ini semakin susah bedain kiri sama kanan, apalagi waktu bw kendaraan trus dikasih arahan sama temen, loadingnya lama, ga tau kenapa. padahal dari kecil ngga pernah bermasalah kok.
    trus sering juga tuh kalau lagi megang barang lsg jatuh, seperti indera peraba saya gak fungsi gitu, jadi ngga sadar lg bawa barang trus jatuh deh -_-

  16. Bhena baru sadar tadi malem temen temen bahas lokasi suatu tempat yang kalo dari sekolah bhena ada di kiri tapi bhena ngotot kanan. Sampe sampe harus mereka peragain posisi tempat itu, selama 3 jam kita cuma bahas itu dan bhena harus gimana ngalah karena sadar posisi lokasi yang sebenernya. Malu banget sih tapi bhena mikir gapapa ko namanya juga manusia, tapi semaleman mikirin kenapa bisa gitu dan baru sadar kalo aga susah bedain kanan dan kiri. Tapi kayanya semaleman nyari info ga cukup deh, apa lagi denger efek lebih lanjutnya samape alzaimer. Makasih atas infonya ternyata banyak penderitanya juga tapi jangan seneng siapa tau ini bisa disembuhkan karna ga enak juga disalah salahin cuma karna masalah arah. Thx :d

  17. Banyak ya kirain cuman sy haha
    Tai lalat di telapak kiri buat sy lbh mudah bedain kanan kiri. Jd kalo ada apa apa liat tai lalat dulu..lama. Sampe susah hapal jalan.. Nunjuk jalan juga suka dibenerin temen.. Kebayang kalo gak ada tai lalat apa kabar saya .

  18. Aku juga sama, kata psikolog sih penyebabnya krn suka baca loncat2. Dan itu sih bener, aku suka baca buku loncat2…gak berurutan.

    • aku juga gitu kalo baca buku. secar aga sadar kadang udh loncat aja ke bagian lain. jd kalo mau baca yang urut banget, kudu konsentrasi tinggi..

Leave a Reply

