Pernah denger nggak?

Pernah nggak si ngedenger kata ‘geh’, ‘tah’, ‘kayak mana’, ‘kita orang’, ‘kamu orang’, ‘kamu monyet’? Eh, yang terakhir enggak ‘ding’… Becanda… Hehehe… Kalo pernah, mungkin kamu ngerasa bingung apa sih maksudnya. Itu semua adalah kata-kata yang sering banget diucapin dan dipake oleh orang-orang yang tinggal di Lampung. Bukan bahasa daerah si, tapi nggak tau gimana kata-kata itu udah menyatu di kehidupan sehari-hari orang Lampung. Halah… Kata-kata itu juga yang biasanya susah banget ditinggalin sama orang asal Lampung yang ke luar daerah seperti saya ini. Hehehe..

Nih, biar nggak bingung dan istilah-istilah itu makin eksis, saya kasih artinya :

– kayak mana = kek mana = gimana = bagaimana
– kamu orang = lo orang = kalian
– kita orang = kami
(intinya, kata ‘orang’ disini berarti banyak orang atau jamak)
– MJ = mak jelas = nggak jelas
– susuk = uang kembalian
– kantong asoy = kantong kresek = kantong plastik
– jojong = cuek aja = biarin aja = sok (bahasa sunda) -> artinya tergantung pemakaian
misalnya, ada yang lagi duduk trus kita mau lewat di depannya. Kita minta izin dulu, trus tuh orang bilang ‘Ah, jojong aja…’ berarti silakan aja.
Tapi, kata ‘jojong’ ini biasanya untuk anak muda aja dan berasa kurang sopan kalo untuk orang tua.

Mungkin masih banyak istilah-istilah seperti ini, tapi yang kepikiran saat ini cuma itu doang. Lain kali saya tambah deh… Hehehe… Mungkin nggak penting, tapi lumayan nambah kosakata kan? Huahaha…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s