Lampung..? Ada yang tau dimana?

Kamu tau nggak si Lampung itu dimana? di Pulau apa? Provinsi apa Kota?

Pengen banget deh nanyain ke semua orang pertanyaan-pertanyaan ini. Kenapa? Karena saya sebagai orang yang lahir dan besar di Lampung (meskipun bukan orang asli keturunan Lampung), saya cinta banget dengan Lampung. Yah, mungkin saya belum berbuat apa-apa untuk ngebuktiin secara konkret rasa cinta saya itu. halah…

Saya sering ngerasa sebel kalo ada yang salah nyebut Lampung dengan kata ‘kota Lampung’! Nih, saya kasih tau aja ya, Lampung itu provinsi. Nama ibukotanya Bandar Lampung! Nggak ada yang namanya kota Lampung !!! Huh, kesel… Esmosi, esmosi…

Trus, Lampung tu ada di pulau Sumatera bagian ujung selatan. Bener-bener pintu gerbang pulau Sumatera, terutama yang dari Pulau Jawa. Makanya, saya bingung kenapa banyak yang nggak tau Lampung itu dimana. Hmph… Emang si, PROVINSI Lampung itu belum semaju yang lain. Tapi, apa segitu nggak terkenalnya?

Trus, misalnya ada yang tau Lampung itu dimana dan tau beberapa hal tentang Lampung, ternyata anggapan mereka itu benar-benar bikin saya kaget. (Buat yang ngerasa, maaf aja ya… Hehehe…) Pertanyaan yang paling sering keluar adalah ‘Eh, Lampung itu masih hutan ya?’dan ‘Masih banyak gajah ya di Lampung?’. Olala.. Saya tegesin di sini kalo Lampung tuh nggak segitu terpencilnya ya… Udah banyak kota dan daerah sekitar kota yang udah berkembang. Meskipun memang masih banyak juga daerah yang masih belum disentuh dengan baik. Trus, gajah emang masih ada walopun jumlahnya nggak terlalu banyak. Tapi, mereka nggak berkeliaran seenaknya di jalan raya sebelahan bareng mobil, motor, dan segala macem kendaraan. Gajah tuh adanya di Way Kambas, Taman-taman wisata dan tempat-tempat sejenis itu untuk dijaga kelestariannya karena gajah memang udah identik dengan Lampung. Meskipun menurut artikel yang pernah saya baca, simbol wisata Lampung yang sebelumnya gajah sudah diganti dengan badak karena gajah ternyata lebih identik dengan Thailand walopun gajahnya beda. Di Thailand kan adanya gajah putih.

Hal-hal di atas si yang biasanya bikin saya kesel. Entah mereka bener-bener nggak tau, lupa, atau Lampung memang nggak eksis. Tapi emang nggak semuanya saya anggap serius. xD

6 thoughts on “Lampung..? Ada yang tau dimana?

Leave a Reply

